Piala Dunia U-17 Sukses, Pengamanan Polri Berkelas Dunia

Jakarta, Metrodua.com – Perhelatan Piala Dunia U-17 rampung digelar. Jerman mengukuhkan diri sebagai juara usai mengalahkan Prancis dengan skor 4-3 lewat babak adu penalti, di Stadion Manahan, Solo, Sabtu 2 Desember 2023.

Secara umum semua laga kompetisi sepak bola usia muda sejagat itu berlansung lancar dan aman di Jakarta, Surabaya, Solo, dan Bandung, mulai tanggal 10 November hingga berakhir semalam.

“Alhamdulillah, laga final berlangsung lancar dan aman. Secara keseluruhan setiap pertandingan Piala Dunia U-17 di Indonesia berjalan dengan baik serta aman,” ujar Plt Kakorpolairud Brigjen Pol Mohammad Yassin Kosasih selaku Kasatgas Banops Aman Bacuya 2023, Minggu, 3 Desember 2023.

Dikatakan Yassin, sejak awal Polri menjamin keamanan perhelatan sepak bola kelas dunia itu berjalan aman dan kondusif lewat gelaran operasi bersandi “Aman Bacuya 2023”.

Menurutnya, keamanan Piala Dunia U-17 merupakan pertaruhan harga diri bangsa di mata dunia internasional. Karena itu, Polri menjaga betul agar event dunia ini dapat berlangsung sukses dan aman —dan secara otomatis menempatkan Polri dalam standar pemolisian kelas dunia.

Untuk diketahui Satgas Banops Aman Bacuya 2023 turut terlibat dalam operasi pengamanan Piala Dunia U-17. Satgas ini membawahi empat Subsatgas, yakni Subsatgas Polisi Udara (Poludara), Subsatgas Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes), Subsatgas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan Subsatgas Security Officer (Divisi Hubungan Internasional).

Tugas Satgas Banops adalah memberikan bantuan operasi dalam misi pengamanan gelaran sepak bola dunia itu. Seperti dukungan melalui udara menggunakan helikopter untuk kepentingan pengamanan.

Kemudian, melaksanakan tugas-tugas di bidang Teknologi Informasi dan Komunisasi (TIK), semisal menyiapkan radio komunikasi; lalu di bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes), menyiapkan ambulans dan tenaga media; dan security officer dalam rangka pengamanan melekat kepada tim serta wasit.

Polri menerjunkan sekitar 13 ribu lebih personel yang berasal dari empat Kepolisian Daerah (Polda) dalam Operasi Aman Bacuya 2023, untuk menjaga dan mengamankan turnamen akbar Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Komentar