Pelaksanaan Pengadaan Gedung Museum di Kab. Bekasi, PT.IDG Gelar Doa Bersama

Headline, Jabodetabek622 Dilihat

Kab.Bekasi,Metrodua.com – Pelaksanaan Pengadaan Gedung Museum di Kabupaten Bekasi yang dilakukan dengan metode Rancang Bangun telah menghasilkan penyedia PT. Integra Dayacipta Grahatama (IDG). Yang menurut informasi adanya KSO antara Perencana dan pelaksana dalam satu metode pengadaan. Sehingga segala sesuatunya dalam pekerjaan tersebut diputuskan bersamaan oleh konsultan MK, Penyedia Rancang Bangun dan pihak direksi Dinas kebudayaan Pemuda dan Olahraga baik dalam perencanaan serta pelaksanaannya.

Dalam pelaksanaan pengadaan gedung museum tersebut diawali dengan syukuran dan doa bersama yang di selenggarakan oleh pihak PT.Integra Dayacipta Grahatam (IDG) di Gedung Juang kecamatan Tambun Selatan,Kamis (16/7/2020).Kegiatan acara doa bersama tersebut turut hadir Muspika diantaranya Kapolsek, Danramil Tambun Selatan,Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi dan Camat Tambun Selatan Kepala Desa Mekarsari serta para tokoh masyarakat .

Bayu Teguh Perkasa Direktur PT IDG selaku pelaksana pengadaan bangunan Gedung Museum Kabupaten Bekasi mengatakan kegiatan acara doa bersama ini dilaksanakan dengan mengundang Muspika,dan tokoh masyarakat Tambun Selatan ,karena yang kita bangun ini sebetulnya adalah Warisan budaya Bekasi,isinyapun harus mengakomodir semua,baik itu sejarahnya Perjuangan Bekasi di zaman Jepang Jaman penjajahan sampai sekarang, kemudaian periode -periode Bupati yang pernah berkiprah prestasinya nanti akan kita tuangkan bentuk history didalam gedung interior.

“Ini tantangannya kami cukup berat ini bangunan punya sejarah sangat baik dan tidak boleh direnov secara tidak terencana dan juga akan berkoordinasi dengan Cagar Budaya”,Ujar BayuTegu Perkasa

“Kami sudah bepengalaman membuat museum seperti membangun museum gedung sate Jawa barat,membangun museum Wirathama TNI AD di Yogjakarta Jawa tengah dan membangun museum di Purwakarta, Alhamdulilah kita sudah berpengalaman , dalam tingkat kesuliatan tentang membangun pengadaan gedung museum,harus banyak berkooardinasi dengan banyak pihak,seperti tokoh tokoh ahli sejarah dan berdiskusi dengan tenaga ahlinya”,ujarnya

Sementara Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bekasi melalui Bidang Budaya Suwartika Soetjipto mengatakan dengan dilaksanakannya pengadaan gedung museum di Kabupaten Bekasi  akan menjadi Wujud kebanggaan bagi masyarakat warga Kabupaten Bekasi.

Menurut Suwartika ,dengan pengadaan gedung museum di gedung Juang Tambun Selatan,yang mengenalkan perjuangan Bekasi sejak jaman prasejarah waktu jaman Negara Kolonial dan menuangkan budaya budaya bekasi ,serta tokoh tokoh terdahulu yang pernah berkiprah akan di desain dan ditata di dalam ruang yang ada tanpa merubah bentuk bangunan gedung.

“Dengan terlaksananya pengadaan gedung museum ini membuat kebanggaan bagi warga Bekasi . Nantinya bagaimana Bekasi 20 tahun kedepan akan digambarkan disitu . Museum ini nantinya akan jadi destinasi wisata Sejarah”, pungkasnya (Red/LN)

Komentar