Hati-hati, Kebiasaan Ini Bikin Muka Tampak “Boros”

Daerah, Jawa Tengah563 Dilihat

Semarang, Metrodua.com – Sering dikira berumur lebih tua dibanding usia sebenarnya alias “boros” di umur? Eits hati-hati, tandanya kulit Anda mengalami penuaan dini.
Selain disebabkan oleh pertambahan usia, penuaan dini pun dapat terjadi jika Anda memiliki kebiasaan tertentu.

Apa sajakah itu?
Saat Pertemuan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah bertema “Kulit Sehat dan Awet Muda”, dokter Klinik Kecantikan Navagreen Semarang, Cicilya Hendryani mengatakan, secara teori penuaan dini terjadi mulai umur 25 tahun ke atas.

Namun kenyataannya, kini para anak muda umur awal 20-an tahun pun mulai mengalami penuaan dini.

Menurutnya, hal itu karena beberapa kebiasaan, seperti tidak memakai tabir surya (sunblock), konsumsi junkfood, manis, dan banyak pengawetnya. Selain itu, kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol pun memicu penuaan dini.

“Secara teori, penuaan dini itu terjadi mulai umur 25 tahun, namun kini sudah banyak para anak muda berumur awal 20-an (tahun) yang mengalami penuaan dini, tampak seperti berusia 30-an (tahun),” bebernya, di kantor Dinas Kominfo Jateng, Kamis (16/3/2023).

Cicilya menyampaikan beberapa tanda penuaan secara intrinsic dan ekstrinsik. Intrinsik seperti kulit kering, tampak tipis, kendor, dan muncul kerutan halus.

Komentar