Pemkab Bekasi Dukung Program Pendidikan Kader Ulama MUI

Bekasi, Pendidikan611 Dilihat

Kabupaten Bekasi, Metrodua.com – Pemkab Bekasi mendukung penuh atas akan diselenggarakannya Pendidikan Kader Ulama oleh Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bekasi yang akan berlangsung pada bulan Juli mendatang.

Dukungan tersebut diungkapkan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan di acara Halal Bihalal yang digelar MUI Kabupaten Bekasi di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Pemkab, Cikarang Pusat pada Senin (29/05/2023).

“Ulama dan Umara ini merupakan tonggak kemajuan bangsa, dan harus tidak boleh terpisahkan karena saling melengkapi dan menjadi kunci bagi kemajuan di Kabupaten Bekasi,” ungkapnya usai menghadiri Halal Bihalal Silaturahmi Ulama dan Umara dengan tajuk mempererat silaturahmi untuk menjaga kondusifitas keumatan dan kebangsaan di Kabupaten Bekasi.

Dani menyampaikan Pendidikan Kader Ulama yang akan digelar MUI Kabupaten Bekasi ini nantinya para Ustadz/ah dan Kiai yang mengikutinya akan secara intensif memperdalam pengetahuan agama serta keterampilan menggunakan teknologi informasi.

“Pendidikan Kader Ulama ini nanti ahli tafsir dididik dengan pendekatan teknologi informasi IT, jadi sumbernya mereka bisa mendapatkan bukan hanya kitab kuning yang ada di Pesantren di Indonesia, tapi dari seluruh dunia. Mereka juga dilengkapi kemampuan dakwah via Internet, dengan konten atau jarak jauh,” terangnya.

Menurut Dani, inti dari tujuan keterampilan IT bagi para ulama, mengarah agar dakwah Islam bisa mudah masuk ke generasi muda yang kehidupannya sangat dipengaruhi teknologi informasi.

“Supaya ajaran Islam ini semakin dipahami oleh generasi yang memang saat ini, sangat identik dengan teknologi informasi, jadi kalau sarana-prasarana dakwah tidak mengikuti perkembangan zaman efektivitasnya berkurang,” jelasnya.

Dani mencontohkan seperti di era sejarah para wali, teknologi informasi ini seperti wayang yang sering digunakan untuk menyampaikan dakwah sesuai dengan yang disukai masyarakat setempat dan tren dari zaman itu.

“Kalau dulu para wali menggunakan teknologi wayang, kita atau wali yang sekarang, menggunakan teknologi informasi, kedua di PKU ini juga bukan hanya ke-Islamannya saja tapi ke-Indonesiaannya juga, karena Islam kita ini yang Rahmatan Lil alamin, moderat, dan mengayomi seluruh kelompok,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik mengungkapkan pihaknya mendukung penuh terselenggaranya PKU oleh MUI Kabupaten Bekasi.

Menurutnya, para pemuda hari ini selain pengetahuan umum, membutuhkan juga pemahaman agama Islam yang baik.

“Betapa pentingnya PKU ini, yang diadakan oleh MUI, agar bisa memunculkan tunas-tunas bangsa yang hebat, yang tumbuh di Kabupaten Bekasi, tentu ini kita harapkan,” pungkasnya usai mengikuti launching PKU bersama Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Komentar