Pemkab Bekasi Terapkan Kebijakan Khusus Penggunaan Produk Lokal Melalui BEBELI

Bekasi, Pemerintahan1912 Dilihat

Kabupaten Bekasi, Metrodua.comPemerintah Kabupaten Bekasi segera menerapkan kebijakan khusus bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mewajibkan pembelian barang produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal Kabupaten Bekasi melalui aplikasi e-katalog atau toko daring Bekasi Berani Beli (BEBELI).

Sekretaris Daerah, Dedy Supriyadi saat memimpin Rapat Pimpinan (Rapim), di Ruang Rapat KH. Ma’mun Nawawi, Cikarang Pusat, menyampaikan nantinya penerapan pembelian produk UMKM tersebut akan tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbub) sebagai salah satu regulasi dalam menekan angka inflasi daerah.

“Kita sudah memiliki aplikasi BEBELI toko daring lokal di Jawa Barat baru kita saja, ini suatu terobosan baru untuk Pemkab Bekasi. Nantinya tidak hanya dinas, namun individu ASN juga diwajibkan membeli produk UMKM Kabupaten Bekasi, aturan tersebut sedang kita susun dalam Perbup,” ujarnya saat diwawancari, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga: Pemkab Bekasi Terus Berupaya Turunkan Stunting Tahun 2023

Menurutnya, hal tersebut menjadi salah satu langkah yang tepat dalam mengendalikan laju inflasi daerah, dan menjadi peluang bisnis dalam roda perekonomian masyarakat di Kabupaten Bekasi.

“Ini bisa menjadi salah satu faktor guna menekan angka inflasi, dimana akan menumbuhkembangkan ekonomi dan semangat UMKM karena sudah melibatkan para ASN juga sektor lainnya,” katanya.

Guna mencapai target Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 yang ditargetkan sebesar 20 persen pada Triwulan 1, Sekda menjelaskan penyerapan anggaran masih dilakukan sampai akhir bulan Februari hingga bulan Maret ini.

Komentar