Kapolres Simalungun Sidak Pelayanan Publik SPKT di Polsek Purba

Simalungun.Metrodua.com – Kunjungan kerja Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., di Polsek Purba lakukan pengecekan Pelayanan Publik SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Polsek Purba Resor Simalungun. Mako Polsek Purba, Jln.Lintas Saribu Dolok, Sinta Raya Kelurahan Tiga Runggu, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun. Sabtu(19/11/2022) pagi.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., saat diwawancarai Minggu(20/11/2022) pagi, disela-sela kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan kunjungan kerja tersebut merupakan bentuk pengawasan terhadap kinerja personel polres simalungun,

“Saya Kapolres Simalungun melaksanakan kegiatan kunjungan kerja di Polsek Purba guna memastikan bahwa personel Polsek Purba memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat”, kata AKBP Ronald.

Saat dilakukan pengecekan personel SPKT Polsek Purba ada menerima pengaduan seorang Ibu/masyarakat yang sedang melaporkan kehilangan, dan meminta surat kehilangan dari polsek purba guna pengurusan administrasi lainya, dari hasil pengecekan personel Polsek Purba sudah melaksanakan tugas dengan baik dan profesional dengan sikap yang humanis.

Selanjutnya kita melakukan Analisa Evaluasi (Anev) kinerja personel Bhabinkamtibmas yang pertugas di Wilayah Hukum Polsek Purba, Bhabinkamtibmas Sebagai Ujung Tombak Menjaga Harkamtibmas

Fungsi Bhabinkamtibmas juga dapat  membimbing dan memberikan penyuluhan dibidang Hukum serta Kamtibmas untuk meningkatkan Kesadaran Hukum serta Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM), Menyebarluaskan informasi tentang kebijakan Pimpinan Polri yang berkaitan dengan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas).

Bhabinkamtibmas adalah pengemban Polmas (Polisi Masyarakat ) di Desa atau Kelurahan, dan Bhabinkamtibmas mempunyai fungsi untuk Melaksankan kunjungan / sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya bahkan memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan.

Bhabinkamtibmas atau Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat adalah ujung tombak dari Kepolisian dalam menjaga keamanan. Tentunya sebuah permasalahan muncul mulai dari hal yang kecil kemudian menjadi besar. Disinilah peran Bhabinkamtibmas dikedepankan.

Dengan demikian diharapkan Personel Bhabinkamtibmas dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, dan tetap menjaga marwah institusi Polri ini, apapun yang rekan-rekan lakukan dapat berpengaruh terhadap institusi, maka jaga sikap, tindakan serta sopan santun rekan-rekan sekalian, ujar Kapolres.

Hal ini sejalan dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh personil Polri untuk melaksanakan Program Quick Wins Presisi dengan Implementasi Perbaikan Interaksi Polisi dengan masyarakat, Penerapan Budaya Integritas Dan Anti Korupsi, dalam rangka menghilangkan budaya pungli, gratifikasi, transaksional dalam pelayanan publik.

“Untuk itu kita laksanakan analisa evaluasi kinerja personel Bhabinkamtibmas agar sama-sama mengetahui apa yang sudah dilaksanakan dan dapat dirasakan oleh masyarakat, “tandas AKBP Ronald.

Komentar